Sabtu, 25 Februari 2017

Tentang Sukses

Bismillah.

Tujuan dasar manusia adalah sukses, dan semua yang bergerak di Dunia ini memiliki tujuan. Jadi bisa disimpulkan bahwa sukses adalah apa-apa yang berada ditujuan. Tujuan dasar dari penciptaan Jin dan Manusia adalah untuk beribadah kepada Allah, sebagai yang disebutkan dalam Al- Qur'an :

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. Aku tidak menghendaki rezeki sedikit pun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi Aku makan. Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.” (adz-Dzaariyaat: 56-58).

Jadi dapat disimpulkan, tujuan hamba Allah adalah beribadah dengan ikhlas kepada Sang Pencipta.

Sedangkan definisi sukses menurut saya adalah : "sukses adalah tindakan sesuai dengan perkataan lisan maupun hati." 
Kemudian timbulah pertanyaan dari teman saya di Facebook, Ibnu Sulaiman, ketika saya memaparkan definisi tentang sukses, dia berkata : "Kalau gtuh yg jelek prilakuny juga bisa sukses :D." "Yoi" ujar saya.

JIka ambil contoh Iblis, tujuan Iblis ialah menyesatkan anak-cucu Adam dari jalan Allah, agar menemaninya di dalam Neraka. Di contoh itu kita bisa mendapatkan tujuan dan isi dari tujuan itu yang bisa kita sebut sukses, tujuanya adalah menyesatkan, isinya adalah agar menemaninya di dalam neraka. Bisa disebut sukses apabila tujuan Iblis tercapai, ya'ni yang disebutkan diatas.
Nah jadi bisa saja Sukses itu bersifat negatif maupun sebaliknya ya'ni positif.


Walahu'alam bis shawab

Alhamdulillah.


Ihsanta Gitamaji Cholid Marzan
Rahayu, Kab. Bandung,
25 Feberuari 2017 



Pe😀.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar