Selasa, 16 Desember 2014

Sosok Sahabat

Wildan muhsin kamil namanya.

sosok bocah ingusan yg saya temui 7 tahun lalu di kabupaten bandung, tepatnya soreang.  Yg sekarang sudah menjadi lelaki sejati, penuh tanggung jawab, dan cerdas !!

Lelaki sejati ini berasal dari bongas, yg terletak di cililin tempat terlahirnya makanan wajit dan penambak ikan nila..

Kembali ke 7 tahun lalu di salah satu pondok pesantren di kabupaten bandung, tempat pertemuan pertama dengan beliau.. 
Pertama bertemu, beliau hanyalah seorang anak ingusan yg tidak begitu menarik untuk dilihat. Mungkin karena beliau baru saja lulus dari jenjang pendidikan dasar.. namun ke unikan mulai terlihat setelah beberapa bulan menghabiskan waktu bersama di asrama.. beda dengan santri yg lainya, karena dengan notabene nya sebagai bocah baru lulus sd, beliau sangat disiplin dalam pelajaran dan kerapihan. Beliau tergolong orang yg apik dalam memelihara kebersihan dan kerapihan. Selain itu beliau juga termasuk salah satu murid yg di banggakan teman-teman dalam urusan pelajaran termasuk saya. Puncaknya adalah saat beliau dipilih menjadi staff kebersihan di asrama dan mendapatkan rangking 10 besar di kelas...

Dalam masalah ketekunan dalam belajar saya tidak meragukan beliau, beliau sering kali saya temui menyendiri di sawah sebelah asrama  agar bisa berkonsentrasi mempelajari kitab-kitab atau
hanya sekedar mencari ketenangan karena suasana yg tidak kondusif di asrama. Beliau sangat apik dalam menyimpan catatan pelajaran yg terkadang menjadi patokan tersindiri untuk saya guna membandingkan buku saya yg hanya terisi 2 lembar dan buku beliau yg sudah terisi 20 lembar lebih...
beliau juga sangat memperhatikan kebersihan.. sempat saya melihat isi lemarinya yg tersusun rapih berbeda dengan teman-teman saya lainya. Seragam yg beliau kenakan juga selalu terlihat rapih dengan ciri khas 3 buah garis horizontal yg berada di punggung seragam beliau yg di hasilkan oleh tehnik menyetrika yg saya tidak tau apa namanya..

Beliau juga sangat berani dalam bertindak.. suatu saat saya pernah diajak beliau ke suatu desa di kabupaten bandung hanya sekedar untuk berkunjung ke rumah teman. Namun langit ternyata memutuskan untuk gelap sebelum sampai tujuan, karena kebetulan rumah teman kita ini sangat jauh dari kota. Dalam kondisi saya yg panik beliau mencoba menenangkan saya dengan berkata bahwa dia mempunyai seorang nenek yg katanya adalah neneknya dari entah siapa. Alhasil setelah sampai disebuah rumah yg katanya rumah neneknya beliau, beliau mengetuk pintu dan keluarlah seorang nenek yg bagi saya sangat asing wajahnya. Setelah itu terjadilah percakapan antara beliau dengan si nenek. Singkat cerita akhirnya saya dan beliau menginap semalam di rumah nenek tersebutnya.. besoknya setelah berpamitan dengan si nenek.. beliau berbisik kepada saya bahwasanya beliau tidak mengenal siapa nenek tersebut.. semenjak saat itu saya mulai melihat sisi keberanian anak sekecil itu dalam menyelesaikan sebuah masalah, walaupun di kala itu saya pribadi sangat merasa jengkel dengan beliau haha.

   Untuk nenek semoga allah membalas kebaikanya dengan berlipat ganda. Aamin

Selain itu beliau merupakan sosok pria yg banyak di kagumi oleh kaum hawa, pada masanya. Mungkin karena keberanian, kecerdasan, kemandirian, dan tentunya sisi romantis yg menurut saya abstrak..

beliau pernah berpergian bersama saya dengan kendaraan umum dari angkot sampai hanya bisa dilalui oleh seekor kuda, hanya demi bertemu sang pujaan hati yg sialnya tidak bisa bertemu karena beberapa faktor. Beliau tidak merasa kecewa namun beliau hanya tersenyum melihat saya yg cemberut karena membuang waktu dan tenaga demi mengantar kan sang pangeran bertemu ratu yg tidak jadi bertemu karena suatu alasan.

Hampir 3 tahun lebih saya berada satu kelas dengan beliau, sampai saya harus pindah sekolah karena tuntutan orang tua..

Namun dalam kurun waktu yg singkat itu, saya banyak belajar dari beliau. Tentang ketekunan dalam belajar, kebersihan dalam keseharian,Keberanian seorang pria, tanggung jawab terhadap segala perbuatan, bahkan cara  mencintai wanita dengan cara yg berbeda..

Hampir 4 tahun sudah saya tidak bertatapan langsung dengan beliau. Namun sosok beliau tidak hilang dari ingatan saya, mungkin karena keunikan dan susunan cerita bersama yg akan menjadi sebuah buku jika di tuliskan semua..

Sesuai namanya, widan muhsin kamil beliau adalah sosok anak baik yg sempurna, aamin

Ihsanta Gitamaji Cholid Marzan

Depok,  8 desember 2014

Minggu, 14 Desember 2014

Bacalah

mungkin hariku akan habis hanya untuk menunggu
mungkin tenagaku akan sia hanya untuk mengejar dirimu
mungkin segala akan lebih indah jika aku melepas

namun semua itu tidak akan sebanding dengan dirimu yg bergitu berharga


aku hanya bisa terdiam melihat kenyataan yg sama
aku hanya bisa tertawa melihat penyesalan yg pasti
aku hanya bisa bersandiwara demi bahagia yg akan sirna

namun semua itu tidak akan sebanding dengan dirimu yg begitu sempurna
entah mengapa.. entah mengapa

lebih baik begini, karna nanti belum tentu begini
karna kini terlalu berarti, dan sangat berharga untuk dihentikan begitu saja...
karena entah mengapa seolah aku tidak akan pernah merasakan hal ini keculai sekarang....
biarlah hayalan ini tetap nyata.... jika harus pergi.. maka tak apa...
mungkin sudah waktunya... karna aku tidak akan pernah melawan waktu... walau sedetikpun.

Kamis, 13 November 2014

Ceklek : Al-Kohol VS Al-Kopi

mabok oh mabok

siapa sih yg gak suka mabok, enak looh..
bisa bikin puyeng berasa terbang bebas,, gak ada yg ngelarang.. mau telanjang dijalan pun gak akan ada yg ngomelin kenapa ? karena situ mabok !
tapi kalo saya liat ada orang mabok dijalan terus telanjang, jelas saya akan ngambil hape butut saya terus saya rekam abis itu saya aplod ke yutub saya buat nyaingin video orang2 yg suka mabok di yutub yg berlagak lucu dan pamer harta dunia !

btw ini yutub saya :P yutub



pada jaman dahulu kala tepatnya pada jaman Rasulluwlah SAW, mabok itu halal..
kenapa ? kaarena enak hahahah..
dan kalo diperhatikan pas jaman Rosul SAW perbuatan mabok biasanya dilakukan disaat hati sedang senang, seperti setelah menang perang !! merayakan senang dengan senang !!
tidak seperti orang sekarang yg melakukan mabok beralasan kesedihan, mencoba menyelesaikan masalah dengan masalah !!.. enatah karena wanita, karir, bahkan wanita karir !!
mabok lebih enak untuk perkara senang bukan perkara bimbang !! percaya deh !!

tapi jangan senang dulu, kenapa ? karena mabok itu dilarang , hehe (baca : kasian deh lo )
sejak kapan dilarang ?. sejak jaman Rosul SAW juga ( coba baca sejarah kalau ragu ) , juga sejak anda dilahirkan beragama Islam, atau sejak anda percaya bahwasanya surga dan neraka itu ada, juga sejak anda merasa hanya Allah subhana wata'alah yg hanya bisa menolong mu dikala tidak ada yg bisa menolong, juga sejak Allah subhana wata'ala melapangkan hati mu ketika semua terasa sempit :)

saya mengakui kehebatan globalisasi, salah satunya dalam perkara mabok..
orang barat suka mabok soalnya disana dingin, bukan karena jomblo. tapi karena iklim yg ekstrim dan kurangnya sentuhan wanita sholeha. hahaha~
sangking dinginnya sampai-sampai rempah-rempah yg mudah tumbuh di negara kita tercinta sangat sulit tumbuh disana, seperti kopi,jahe,cengkeh, dan sebagainya...
sampai mereka menemukan kehangatan yg berbeda dinegara kita tercinta.. mereka jatuh cinta pada negara kita.. sampai-sampai tidak ingin negara kita dimiliki oleh orang lain selain negaranya..
namun sayangnya cinta mereka kandas ditengah jalan, hanya berlangsung 350 tahun lamanya.. karena rakyat indonesia mulai mencintai negaranya sendiri...
terimakasih pahlawan negara, izinkan generasi seterusnya melanjutkan cinta mu kepada negara ini

kembali ke topik..
disini kopi enak bisa kita dapatkan hanya dengan 1000 rupiah, sedangkan di barat kopi panas lebih mahal di banding kopi dingin yg memabukan,, dan tentu saja orang sana lebih suka kopi hangat dibanding kopi dingin...
mungkin seandainya jika disana meraka bisa mendapatkan secangkir kopi hangat dengan harga seperti disini,, pastilah mereka semua akan menyambut pagi hari yg semangat  dengan mengengam secangkir kopi yg nikmat hehe :)

maka dari itu saya selalu bersyukur setiap kali ke warung mang dayat,, karena harga kopi masih lebih murah dibanding minuman bersoda...
dan selalu berpikir dua kali untuk menghabiskan waktu di warung kopi yg menjual kopi pait seharga topi branded..
apalagi untuk bersenang sesaat di tempat maksiat..

saya ihsanta gitamaji cholid marzan undur diri, karena kopi dan rokok putih yg mulai terseruput dan tersyut habis
terimakasih ..

Bonus :

ciu











Sabtu, 08 November 2014

Ceklek : Merah, Kuning, Hijau

hahahahha

merah kuning hijau tiada beda entah mengpa... gantung saja gantung bunuh sekalian biar habis perkara..
jangan tanya perkara apa, karena jawabnya tidak ada,, kau tau mengapa, musnah

terbakar habis tuntas tanpa sisa taapa awan tanpa hujan tanpa segala ini itu atau apapun yg bisa mengisi ini..

ya ya ya,, tidak hijau tidak merah tapi kuning,, yaa yg langsat yg bersinar terang sampai malas untuk menatap walau harus
hijau tidak mungkin,, merah kau ragu. maumu apa ? apa maumu ?

ceeeeeess , *bunyi air yg membasahi kepala


hehe

positif, positif, positif...
maaf sebelumnya,, paragraf atas yg menulis bukan saya tapi kuda..
kenapa kuda, karena dia liar..


hehe


Bu Dani : ayo kamu yg ngoceh terus dari tadi,, coba jawab, apa bahasa inggrisnya sesuatu tidak pernah seperti yg kita bayangkan
Murid X : hmmm.. bentar..
Bu dani  : makanya jangan ngoceh terus kamu, jadi gak bisa jawab kan .
Murid X : bisa kok bu. "eperiting neper as it sims bu"
Bu Dani  : wah pinter, nah lain kali kalo ibu lagi ngejelasin kamu perhatiin ya, belajar untuk ngehargain orang yg sedang menjelaskan supaya kelak nanti orang menghargai kamu juga. yaudah kamu istirahat sana sudah bel tuh.
Murid X : lah ini saya lagi istirahat dari tadi, lagian inikan saya lagi nongkrong di warkop bu
Bu Dani  : oh iya ya, saya kirain di kelas. ma'lum terlalu semangat hhe
Murid X : gapapa bu, makasih banyak loh ilmunya. saya akan inget terus perkataan ibu. oh iya saya pesen es teh manisnya satu lagi ya bu. ma'lum habis ngoceh..
Bu Dani  : Oke-oke , tunggu sebentar ya



Bonus :


by : ceklek

Minggu, 02 November 2014

ceklek : Bangkit !!!

Bosan senyap-sesenyap senyapnya, 
tenang lebih tenang dari kepunyaan uang, 
diam terdiam tak tahu harus mendalam..
Berfikir lagi berfikir ulang terus berfikir sampai waktu mulai memberitahu dirinya sudah di buang.... Waktu mulai bosan menunggu.. 
Menunggu seoranng pecundang yg tak bosanya menunggu...
Padahal sudah ada jawaban, 
hanya berharap kemungkinan datang dua kali. 
Padahal sudah jelas ia kalah tanding, 
ia kalah cepat ia kalah percaya bisa dibilang ia kalah semuanya..
Terimalah kau wahai orang bodoh, 
kau pikir ini semua terjadi bukan karena ulahmu, 
atau kau mau mulai menyalahkan orang lain lagi.. 
Sudahlah! Aku bosan dengan dirimu yg hanya diam ditempat yg kau sendiri sangat membencinya !!!

Bangkit..!!! 
Cuman ini kesempatan kau untuk bangkit, 
jika begini terus kau akan hidup bersama kepura-puraan . 
Kau sendiri yg bilang kepura-puraan itu hanya milik pecundang..
Kau masih bisa berdiri ? Bisa lari ? Baiklah kalau begitu cobalah untuk berjalan agar terbiasa dengan suasana baru yg tidak lagi haru..

Bonus :
malam puisi depok



by : ceklek

Kamis, 30 Oktober 2014

Cerita Budi

Jangan sedih, soalnya kamu harus fokus buat ujian akhir semester,, tenang aja masalah itu serahin aja ke waktu udah tugas dia buat nyembuhin kamu....

Kalo masih sedih coba deh dengerin lagu-lagu bahagia sambil ngaca, terus perhatiin mata kamu yg jadi merah, abis itu lihat ke telapak tangan kanan kamu.. perhatiin deh.. kira-kira apa yg bisa dilakuin tangan kamu buat kamu bahagia.. misalnya ngusap air mata kamu atau bikin senyum-senyuman pake tangan kamu atau hal lainya yg bisa bikin kamu bahagia,,,, abis itu kamu tatap diri kamu sedalam mungkin sambil berkata aku bisa !
Ucap Budi kepada temanya

Bonus :



By : ceklek

Senin, 27 Oktober 2014

Ceklek : Waktu

Waktu..
Adalah bumerang yg luar biasa, tak pernah berhenti sampai dimana matahari merubah haluan dari barat ke timur, dan bumerang itu kembali.

kembali membawa ingatan tentang apapun yg kecil, besar, sengaja atau tidak sengaja, sadar atau tidak sadar. yang telah terjadi.

Saat ini, di Bumi ini yg menjadi saksi, banyak hal yg telah terjadi tentang ini, itu dan lainya.
puluh,ratus,ribu,juta,milyar, triliyun, bahkan di atasnya. siapa ? kita.
larang dan lakukan, perintah dan bantah, dan seterusnya sampai puas. tidak ingin sampai.
karena kenapa, bingung dengan benar, bahagia dengan sia dan salahkan dia, ya si penggoda.
tujuanya sudah jelas, alasanya sangat pantas, dengan izinya dia menjelma, jadi mahluk penggoda.

Sudah berapa, benar tak muda, sudah siap ? belum ! kapan ? tunggu !
Kenapa tunggu ? masih belum ! kau tahu ? apa ! waktu tak menunggu.

Maaf aku lebih suka dunia, disini bahagia, ada semua.
Aku belum puas. kau puas !

Bonus :

buanglah waktu pada tempatnya



by : ceklek